BULAN ENERGI | |

BULAN ENERGI


ENEX2007

Pebruari Bulan Konservasi Energi

Lembaga inti konservasi energi Jepang


Ceramah oleh Lembaga The Energy Conservation Center, Japan (JECC



ENEX 2007”adalah pameran keharmonisan lingkungan alam dan energi ke-31 yang diadakan di Tokyo area “Big Sight Barat Hall 3 dan 4 dari tanggala 31 Januari s/d 2 Pebruari 2007” serta Osaka area “Intex Osaka Hall 2 22Pebruarai s/d 24 Pebruari”.

 ENEX 2007 yang diadakan di Area pameran Tokyo dan Osaka ini diikuti oleh sejumlah 179 lembaga dan peru-


Shuichi Kawano

Shuichi Kawano

President of The Energy Conservation Center, Japan (JCCE)


Berpikir dan Bertindak dengan Pertimbangana Energi dan Kehidupan

Perluasan Pasar Solusi Energi

Penyajian Sarana Kesempatan Bisnis ENEX 2007



sahaan, jumlah pengunjung ditargetkan adalah 90 ribu orang. Adalah pameran umum konservasi energi terbesar di Jepang.

Upaya penanggulangan peningkatan panas bumi (global warming) juga menjadi kesempatan baru bagi para pengusaha berbagai bidang secara menyeluruh, pola kehidupan kita sarat dengan penggunaan secara efisien kelanjutan energi. Mungkin ada kiranya era transisi (inovasi) ke ke arah bentuk yang harmonis dengan lingkungan alam.


Lalu di tahun-tahun terakhir ini pada sektor rumah-tangga ada juga pengaruh yang muncul dari adanya perubahan pola hidup yang menuntut informasi tinggi (canggih) dan kemakmuran, bila dibandingkan dengan sektor industri besarnya perkembangan konsumsi energi rumahtangga ini membutuhkan teknologi dan ide-ide baru yang diperlukan.

   Peran dunia industri sudah tentu, sekarang sekali lagi manusia seorang-demi seorang sangat dituntut untuk berbuat/bertindak dan berpikir dari awal dengan mempertimbangkan masalah “Energi” dan “Kehidupan”.


Komposisi Area Pameran ENEX 2007



   Dalam hal mengantisipasi perubahan lingkungan, pada “Bisnis Zone“ dalam “Energy Solution Area” yang diketengahkan dari sisi yang memfokuskan bisnis solusi energi yang terus berubah-ubah secara fleksibel kami berusaha menemukan fungsi wujud pekan raya yang sesungguhnya, sebagai sarana tukar-menukar informasi, pentransmisi informasi serta menyajikan sarana sebagai kesempatan bisnis. Meluasnya pasar solusi energi terhadap meningkatnya kecenderungan penghematan energi dan pereduksian CO2 secara nasional.

  Pada “Smart Life Expo Area” The Japan Energi Conservation Center memperkenalkan produk dan sistem yang berkaitan dengan penghematan energi (konservasi energi) kehidupan yang mengambil tema “Smart Life”. Kami bermaksud untuk menambah pengetahuan tentang konservasi sambil menikmati “Smart Live Zone”, “Smart Life Café”, Smart Life Market” dan sebagainya.

Bersamaan dengan ikut sertanya masing-masing perusahaan kami rencanakan untuk mengetengahkan konservasi energi (penghematan energi) terbaru dan peralatan energi baru dari sisi hardware dan software

Ditengah kedua area kami sediakan “Zona Tranportasi”, “Pojok Informasi kebijaksanaan”, Pojok Penghargaan (Award Corner)”.

Pada “ Zona Transportasi” kami memperkenalkan cara naik dan cara memilih

kendaraan kendaraan yang telah dibuat dengan mempertimbangkan segi-segi konservasi energi dan lingkungan. Pada “ Stan Penghargaan (Award Corner)”kami perkenalkan tanda penghargaan peralatan konservasi energi terunggul peraih penghargaan Konservasi energi periode tahun 2006 serta diperkenalkan produk-produk dan karya-karya pemenang kontes konservasi energi. Pada “Stan Informasi Kebijaksanaan” kami perkenalkan informasi kebijaksanaan konservasi energi, kebijakan energi baru, informasi konservasi energi perumahan dan sebagainya.

   Kami juga sebagai pameran khusus menyediakan stan yang memperkenalkan film yang sekarang ini menjadi buah-bibir berjudul “Futsugona Shinjitsu (Kebenaran yang mudarat/yang tak menyenangkan).

Setiap kali acara panggung menyenangkan.



Pertama, diperkenalkan cara membuat sajian kopi panas untuk musim dingin yang dapat dibuat dengan mudah yang di tampilkan dengan tema “ Warmbiz dari dalam tubuh” dengan kerjasama dengan perusahaan kopi Key Coffee lewat bantuan instrukstur kopi perusahaan tersebut.


Lokasi pameran terkomposisi atas 2 area yakni ”Energi solution area” yang memfokuskan industri dan bisnis dan “Smart Life Expo Area”yang mengambil tema pola kehidupan yang telah diobjekkan ke dalam satu dari keseluruhan hal yang berkaitan dengan “Kehidupan”.



Hiroshi Ikushima


Kaoru Manabe



Yu hayami

Hiroshi Ikushima

Kaori Manabe

Yu Hayami

Satu hal lagi adalah diselenggarakan acara talkshow untuk merayakan berdirinya lembaga Heat Pump and Thermal Storage Technology Center of Japan (HPTCJ)

Di lokasi pameran Tokyo dilakukan dari pk.14:30 s/d 15:00, 31 Januari menampilkan komentator Hiroshi Ikushima, 1 Pebruari artis Kaori Manabe, 2 Pebruari Yu Hayami

Terjemahan : Prasasti /Erik Sjamsumar (Editor)


Source :The Press of Economy, Trade&Industry 25 Januari 2007